INOVASI PINTER KECAMATAN KENDIT

  • 01

    March 2023
img

INOVASI PINTER KECAMATAN KENDIT

PINTER

(Peningkatan Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Fungsi Layanan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo melalui “Barcode Scanner”)

 

RANCANG BANGUN INOVASI DAERAH DAN PERUBAHAN YANG DILAKUKAN ( DESAIN INOVASI )

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Pelayanan Publik adalah kegiatan melayani masyarakat baik barang ataupun jasa sehingga memberikan kepuasan kepada masyarakat. Pelayanan Publik kini telah menjadi isu sentral dalam pembangunan di Indonesia. Perkembangannya pelayanan publik memang selalu aktual untuk diperbincangkan. Pada dasarnya memang manusia membutuhkan pelayanan, konsep pelayanan ini akan selalu berada pada kehidupan setiap manusia. Hal utama yang menjadi indikator bahwa penyedia layanan publik telah responsif terhadap masyarakat adalah munculnya inovasi pelayanan. Inovasi adalah hal yang baru dari ilmu pengetahuan, serta dapat memberikan manfaat dalam kehidupan manusia. Inovasi sangat diperlukan dalam pengembangan suatu pelayanan publik. Inovasi hadir sebagai sebuah produk yang baru dan sifatnya menggantikan cara yang lama. Ini artinya bahwa setiap pelayanan publik, secara isi pada prinsipnya harus memuat sebuah inovasi baru.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu disusun indeks kepuasan mayarakat sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Di samping itu data indeks kepuasan masyarakat dapat dijadikan sebagai bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Demikian halnya di lingkungan Pemerintah Jawa Timur, pelaksanaan survey terhadap indeks kepuasan masyarakat juga sangat perlu untuk dilakukan. Salah satunya di Kantor Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pelayanan administrasi. Sebagai instansi yang menyelenggarakan pelayanan administrasi, Kantor Kecamatan Kendit harus dapat mengetahui seperti apa keinginan yang diharapkan masyarakat dalam hal administrasi. Hal tersebut dapat diketahui salah satunya dengan cara melakukan Survey Kepuasaan Masyarakat di lingkungan kantor Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo.

Latar belakang permasalahan  adalah pengisian Survey Kepuasaan Masyarakat di Kantor Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo masih menggunakan metode manual, yaitu dengan memberikan lembaran kuisioner kepada pemohon administrasi. Hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya pelayanan yang berbasis digital dan terjadi pemborosan kertas. Berdasarkan latar belakang isu tersebut maka di gagaslah sebuah inovasi PINTER (Peningkatan Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Fungsi Layanan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo melalui “Barcode Scanner”). Dalam hal ini sesuai dengan Isu strategis Kabupaten Situbondo yaitu Transformasi birokrasi dan manajemen pemerintahan berbasis digital.

Upaya untuk penghematan penggandaan kertas dengan adanya inovasi PINTER di Kecamatan Kendit dalam pengambilan sempel Survey Kepuasan Masyarakat lebih efisien menggunakan digital dan mempermudah masyarakat dalam pengisian Survey Kepuasan Masyarakat.

Berdasarkan data..yang terjadi dilapangan sebelum adanya inovasi PINTER di Kecamatan Kendit nilai IKM Kecamatan Kendit masih pada kisaran angka 86-88 dengan berjalannya waktu Kecamatan Kendit memiliki Inovasi yaitu PINTER meningkatlah nilai IKM Kecamatan Kendit ke angka 90.

Adapun kebaharuan atau keunikan Inovasi ini yaitu dimana semula pengisian kuisioner kepuasaan masyarakat diisi manual dengan kata lain masih menggunakan lembaran kertas. Inovasi ini jarang ditemukan di unit kerja Pelayanan Publik lainnya dikarenakan sudah menggunakan scan barcode sehingga pemohon layanan dapat mengisi dimanapun dan kapanpun. Maka akan terwujud janji pelayanan Kecamatan Kendit yaitu “ kami siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada anda “ maka diciptakanlah sebuah inovasi yaitu PINTER (Peningkatan Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Fungsi Layanan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo melalui “Barcode Scanner”).

Langkah-langkah yang dilakukan PINTER (Peningkatan Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Fungsi Layanan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo melalui “Barcode Scanner”) yaitu : 1. Pemohon mengajukan pelayanan, 2. Permohonan diterima oleh petugas 3. Petugas memeriksa berkas pemohon, 4. Petugas meminta tanda tangan Camat 5. Meregister surat keluar 6. Berkas diberikan kepada pemohon 7. Petugas memberikan Kusioner digital untuk di isi oleh pemohon.

 

TUJUAN INOVASI

Inovasi PINTER bertujuan :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan Kendit
  2. Meningkatkan Pelayanan Kendit berbasis digital
  3. Meningkatkan Nilai Indek Kepuasan Masyarakat Kecamatan Kendit
  4. Meningkatkan Sumber Daya Aparatur Pelayanan

 

MANFAAT INOVASI

Beberapa manfaat inovasi PINTER antara lain :

  1. Mewujudkan visi misi pelayanan administrasi terpadu Kecamatan Kendit;
  2. Mempercepat pelaksanaan kualitas pelayanan administrasi terpadu Kecamatan Kendit;
  3. Mempermudah masyarakat melakukan pengisian kuisioner ;
  4. Mempercepat penyelesaian pelayanan;
  5. Sebagai pendorong tujuan utama pelayanan di Kecamatan Kendit.
  6. Menghemat penggunaan kertas dan
  7. Mempermudah penglohanan nilai indek kepuasaan Masyarakat.

 

HASIL INOVASI (DAMPAK)

Sebelum adanya inovasi :

  • Masyarakat yang telah mendapatkan layanan administrasi terpadu kecamatan melakukan pengisian kuisioner menggunakan kertas manual dan selesaikan di lokasi kantor pelayanan.

 

Sesudah adanya Inovasi :

  • Memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan;
  • Memudahkan Masyarakat melakukan pengisian kuisioner dimanapun;
  • Menghemat penggunaan kertas pada pelayanan kantor kecamatan kendit;
  • Meningkatkan kualitas petugas pelayanan Kecamatan Kendit dengan cepat, efisien, ramah, mudah,akuntabel, transparan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

LINK BARCODE INOVASI PINTER :

 

Untuk Pedoman Teknis Inovasi PINTER, dapat di unduh di link di bawah ini:

UNDUH DI SINI !!!!!!!!!